UNAMA | Universitas Dinamika Bangsa

Prodi Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital

 

Program Studi Bisnis Digital ini merupakan salah satu program studi jenjang strata 1 (sarjana) pada Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis di Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA). Program Studi Sarjana Bisnis Digital merupakan sebuah inisiatif  pendidikan tinggi yang terfokus pada rumpun Ilmu Terapan, dengan penekanan khusus pada integrasi teknologi informasi dengan potensi lokal, pemanfaatan potensi geografis. Pendirian Program Studi Bisnis Digital telah mendapat izin dari kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor : 631/E/O/2024, tanggal 19 September 2024.

Visi Keilmuan Program Studi Bisnis Digital

Visi Prodi Bisnis Digital adalah “ Menjadi Program Studi Bisnis Digital yang unggul dan kompetitif dalam bidang creatif digitalpreneur, berdaya saing dan berorientasi pasar global tahun 2028

Misi Keilmuan Program Studi Bisnis Digital

Untuk mencapai Visi tersebut, maka program studi Bisnis Digital mengemban misi sebagai berikut :

    1. Meningkatkan peran serta fakultas dalam menghasilkan sumber daya manusia di bidang ilmu bisnis digital yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
    2. Menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi di bidang ilmu bisnis digital
    3. Membangun Kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi maupun dunia industry
    4. Menyelenggara pengelolaan pendidikan di tingkat fakultas yang professional dan akuntabel.

Tujuan Program Studi Bisnis Digital

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, prodi Bisnis Digital mempunyai tujuan :

    1. Menghasilkan sumber daya manusia dibidang bisnis digital yang mempunyai kecerdasaan intelektual, emosional dan spiritual.
    2. Mendukung peran serta civitas akademika program studi bisnis digital dalam pembangunan dan pengabadian masyarakat yang bermutu, baik lokal , regional maupun nasional
    3. Kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi maupun dunia industri untuk memperluas pengembangan ilmu pengetahuan dan terapannya.
    4. Mewujudkan tata kelola prodi binis digital yang baik untuk meningkatkan komitmen prodi bisnis digital dalam masyarakat.

Profil Lulusan dan Bidang Pekerjaan Progam Studi Bisnis Digital

Profil Lulusan merupakan penjabaran mengenai kemampuan apa yang dapat dimiliki oleh lulusan dari Program Studi. Adapun Profil lulusan dari Program Studi Bisnis Digital adalah sebagai berikut :

    1. Memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan, dan mengelola kampanye pemasaran digital yang efektif dan mampu menggunakan berbagai alat dan platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk serta jasa
    2. Mampu merancang dan mengelola platform e-commerce yang efisien dan user-friendly dan memahami dinamika perdagangan elektronik dan mampu memanfaatkan TIK untuk meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM.
    3. Memiliki keterampilan analitis yang kuat untuk menilai dan meningkatkan strategi bisnis digital dan mampu melakukan analisis pasar, memahami tren teknologi, dan memberikan rekomendasi strategis yang relevan
    4. Mampu merancang dan melaksanakan strategi media sosial yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Mereka menggunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk dan budaya.
    5. Siap menjadi wirausahawan yang inovatif, menciptakan dan mengelola bisnis digital yang sukses. Mereka mampu mengenali peluang, mengembangkan ide bisnis, dan memimpin usaha yang berkontribusi pada perekonomian lokal.
    6. Dapat mengimplementasikan keilmuannya dengan mengabdikan diri ke almamater sebagai pendidik internal maupun external di Universitas Dinamika Bangsa

Adapun bidang pekerjaan yang dapat diduduki oleh lulusan dari Program Studi  Bisnis Digital adalah sebagai berikut :

No.

Bidang Pekerjaan

Deskripsi

1

Digital Marketer

Profesional yang mempromosikan produk atau layanan melalui saluran digital seperti media sosial, mesin pencari, email, dan situs web, dengan fokus pada strategi, analisis, dan optimasi kampanye untuk mencapai target audiens secara online.

2

E-Commerce Specialist

Profesional yang mengelola dan mengoptimalkan platform penjualan online, termasuk strategi pemasaran digital, manajemen produk, dan pengalaman pengguna, untuk meningkatkan penjualan dan kinerja bisnis di e-commerce.

3

Bussines Analyst

Profesional yang menganalisis proses bisnis, mengidentifikasi kebutuhan, dan memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. Mereka menjembatani komunikasi antara pemangku kepentingan bisnis dan tim teknis.

4

Sosial Media Strategis

Profesional yang merancang dan mengelola strategi pemasaran di platform media sosial untuk membangun merek, meningkatkan keterlibatan, dan mencapai target bisnis melalui konten yang efektif dan kampanye yang terukur.

5

Entrepreneur/Pengusaha

Seorang individu yang memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis, mengambil risiko finansial dengan tujuan menciptakan keuntungan dan inovasi. Mereka bertanggung jawab atas keseluruhan operasi bisnis dan pengambilan keputusan strategis.

6

Akademisi dan fasilitator

Seseorang yang terlibat dalam dunia pendidikan dan penelitian di perguruan tinggi atau lembaga ilmiah, bertugas mengembangkan pengetahuan dan mengajar.

Fasilitator adalah individu yang memandu diskusi atau proses belajar, membantu kelompok mencapai tujuan dengan menyediakan struktur dan dukungan tanpa memaksakan hasil.

Exit mobile version